Rabu, 11 April 2012

UKM Dan Permasalahannya



Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) adalah salah satu jenis kegiatan yang berorientasi untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat indoneisa saat ini, berbagai cara dilakukan dalam kegiatan yang satu ini,seiring waktu UKM dapat kita bagi menjadi 2 yaitu: UKM Legal Formal dimana UKM memiliki badan hukum dan persyaratan lainnya dalam berusaha dan yang kedua adalah UKM non legal formal dimana UKM melakukan kegiatannya sesuai dengan kehendak dari pemiliknya. UKM secara keseluruhan memiliki peranan yang sangat penting dalam tatanan masyarakat ekonomi lemah, UKMlah yang menggerakan roda ekonomi masyarakat bawah.
Usaha  kecil dan menengah memerlukan perhatian dari pengambil kebijakan di negeri ini, permasalahan utama yang dihadapi oleh UKM adalah Permodalan dan Pemasaran, kedua permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah lokasi UKM tersebut berada. Kurang berhasilnya kebijakan yang dikeluarkan selama ini diakibatkan oleh berbagai permasalahan diantaranya yang paling menonjol dan berpengaruh besar adalah UKM dijadikan sebagai objek oleh oknum pemerintah, sehingga  dimana ada kebijakan untuk UKM selalu digarap sebagai suatu proyek yang mesti direalisasikan.
Untuk menjadikan UKM menjadi sebuah profil bisnis yang besar haruslah dimulai dengan  bantuan permodalan  yang  diberikan kepada UKM tanpa diikuti dengan beberbagia persyaratan yang sering dimainkan oleh oknum – oknum pemerintah untuk mendapatkannya, bantuan permodalan ini hanya dengan persyaratan pengawasan yang ketat  oleh pemerintah  yang dilakukan oleh petugas – petugas yang kompeten dalam UKM atau Bisnis utama yang dilakukan oleh UKM tersebut.
Setelah masalah permodalan teratasi hal yang harus diberikan perhatian lebih adalah masalah pemasaran dari produk – produk yang dihasilkan oleh UKM tersebut, banyak produk yang dihasilkan oleh UKM namun tidak memiliki pasar, sering pemerintah mengajak UKM mengikuti kegiatan pameran baik scala nasional maupu internasional,  bukan hanya dengan mengajak  mereka itu masalah pemasaran produk mereka selesai, tetapi yang paling dibutuhkan dalam pemasaran produk tersebut adalah penciptaan pasar itu sendiri dimana para pembeli bisa langsung bertemu dengan produsen di tempat tersebut. Detailnya adalah puast – pusat produk dan pasar – pasar khusus, dimana lokasinya dipilih yang paling strategis.
Kenyataannya pasar -  pasar khusus tersebut dibuat asal –asalan dimana lokasinya kadang susah dijangkau, kalaupun mudah dijangkau kadang tidak terurus dan yang menempatinya bukan UKM tetapi orang – orang yang tidak memiliki kaitannya dengan UKM, seiring dengan pemecahan masalah tersebut pola – pola pembinaan harus lebih diintensifkan dengan memfokuskan pada aspek permodalan dan aspek pemasaran yang lebih terkoordinasi dan diperlukan kerja keras untuk meningkatkan kemampuan UKM dan untuk menjalankan itu diperlukan orang – orang yang mempunyai kapasitas dan siap untuk menerimah amanah yang dibebankan kepada dia dan bukan untuk mencari uang dari penugasan tersebut.
Hasil – hasil kerja tersebut dapat kita harapkan akan lahir UKM – UKM yang tangguh dari segi permodalan dan mempunyai kemampuan penetrasi pasar yang bagus, sehingga UKM – UKM ini dapat berkembang menjadi lebih besar lagi dan bisa menjadi sebuah industri baru yang cukup sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peduli Lingkungan Demi Kehidupan Yang Sehat

Tepuk tangan meriah terdengar seiring suara mc menyebut nama mederator, sedetik kemudian laki - laki berkemeja putih dan berambut ikal naik...